Sistem Operasi? Apa Itu dan Apa Fungsinya?
Sistem Operasi? Apa Itu dan Apa Fungsinya?

Sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak terpenting untuk menjalankan komputer. Fungsi dari sistem operasi adalah untuk mengelola komputer serta proses-proses yang berjalan di komputer dan semua perangkat keras dan lunak.

Tanpa adanya sistem operasi, komputer tidak akan berjalan. Dengan sistem operasi juga, kamu bisa berinteraksi dengan komputer kamu tanpan perlu mengetahui bahasa yang digunakan oleh komputer.

Fungsi sistem operasi untuk mengelola komputer serta proses-proses yang berjalan di komputer dan semua perangkat keras dan lunak.

Saat kamu menjalankan beberapa perangkat lunak secara bersamaan di komputer kamu, maka sistem operasilah yang akan mengatur segala proses tersebut untuk memastikan setiap perangkat lunak bisa berjalan normal dalam mengakses ke CPU, memori, dan media penyimpanan.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi? Apa Itu dan Apa Fungsinya?

Ada beberapa fungsi utama dalam sistem operasi, yaitu:

Untuk Menjalankan Operasi Dasar

Salah satu hal paling utama dari sistem Operasi adalah untuk menjalankan operasi dasar pada komputer.

Sistem inilah yang mendasari kerja dari perangkat lunak / software lainnya. Sistem operasi memungkinkan untuk program maupun aplikasi dapat berjalan dan ditampilkan kepada pengguna (user) yang menggunakan perangkat komputer tersebut.

Untuk Mengatur Kerja Hardware dan Software

Sistem operasi juga berfungi untuk mengontrol fungsi perangkat keras seperti CPU, Memori, hardisk, maupun perangkat keras lainnya dan juga untuk mengatur fungsi program software agar bisa terhubung dengan perangkat keras tersebut.

Karena itulah, sistem operasi juga disebut sebagai Resourece Manager.

Tempat Untuk Program dan Aplikasi

Pada dasarnya, aplikasi-aplikasi yang ada di dalam komputer kita sebenarnya berada di dalam sistem komputer itu sendiri. Walaupun aplikasi-aplikasi tersebut tersimpan dalam perangkat penyimpanan.

Untuk Mengkoordinasi Kerja dari Perangkat Komputer

Fungsi selanjutnya adalah untuk mengkoordinasikan segala hal di dalam komputer terutama menyusun program yang kompleks menjadi lebih sederhana dan berurutan. Ini akan memudahkan aplikasi agar bisa bekerja dengan lebih efisien.

Mengoptimalkan Fungsi Perangkat Komputer

Sistem operasi juga berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat keras maupun perangkat lunak.

Contohnya, dalam hal pemanggilan data yang tersimpan pada memori hardisk dan mengatur waktu yang digunakan untuk terhubung ke dalam terminal.

Untuk Mengawasi dan Melindungi Jalannya sebuah Fungsi Program

Sistem operasi bisa mengatur user yang memiliki ahk akses untuk bisa mengakses komputer dalam menjalankan program maupun mengendalikan siapa saja yang bisa mengakses program tersebut.

Dalam hal ini, dikenal sebagai hal yang dilakukan pengguna dalam mengakses sietm program dalam komputer.

Sistem operasi juga melindungi semua file yang tersimpan dalam komputer kita sehingga file tersebut hanya bisa diakses oleh pengguna yang memiliki hak akses agar bisa mengaksesnya.

Untuk Menyajikan Tampilan dan Sebagai Interface ke Pengguna

Sistem operasi juga memudahkan aplikasi berjalan sekaligus menampilkan ke layar monitor komputer dengan menterjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU.

Yang ditampilkan oleh Sistem Operasi bisa berbentuk teks, grafis, maupun tampilan lainnya yang bisa dimengerti oleh pengguna komputer.

Peranan sistem operasi juga sebagai interface (tatap muka) antara pengguna dengan perangkat keras komputer.

Itulah berbagai fungsi yang dilakukan oleh sistem operasi. Dari fungsi tersebut, kita bisa mengetahui bahwa sistem operasi merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita miliki dan kita jaga dengan baik.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan kalian terutama di bidang sistem operasi.

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *