Tips Cara Menjaga Keamanan Sistem Komputer
Tips Cara Menjaga Keamanan Sistem Komputer

Teknologi sekarang ini memang menjadi sebuah kebutuhan setiap bisnis. Apalagi bisnis yang semuanya sudah menggunakan sistem IT.

Penggunaan komputer, smartphone, website, server, cloud computing, dan lain-lain sudah menjadi kebutuhan.

Namun, ada satu hal yang banyak pembuat bisnis abaikan, yaitu masalah keamanan IT. Ada banyak keuntungan yang didapat dari adanya teknologi tersebut. Antara lain, membantu mempercepat pekerjaan, meningkatkan kualitas dan kuantitas bisnis.

Tips Menjaga Keamanan Sistem Komputer

Tips Cara Menjaga Keamanan Sistem Komputer

Bukan hanya dilihat dari sisi keuntungannya saja, kalian juuga harus memperhatikan dalam hal keamanan teknologi yang digunakan.

Karena, dalam tiap teknologi perlu memiliki sistem keamanan IT yang kuat agar bisa bermanfaat, bukan malah menjadi penyebab masalah baru.

Agar sistem IT ini memiliki keamanan yang baik, maka kalian perlu menjaganya dengan beberapa langkah.

1.Gunakan Password

Gunakan Password

Ada banyak serangan hacker yang terjadi dikarenakan password / kata sandi yang lemah. Semua akses pada file dan data penting harus diberikan password dengan kombinasi huruf, dan anka yang unik.

Jangan lupa juga untuk mengaktifkan double autentikasi sehingga hacker akan mengalami kesulitan saat melakukan peretasan.

Disarankan untuk melakukan perubahan password secara berkala dan juga membedakan antar password akun satu dengan akun lainnya.

2.Hindari Membuka Link Berbahaya

Hindari Membuka Link Berbahaya

Kejahatan dunia maya semakin lama semakin meningkat, karena semakin banyak orang yang terhubung pada jaringan internet.

Kejahatan yang palin banyak ditemui adalah link / hyperlink yang isinya malware. Saat korban mengklik link tersebut maka secara tidak sadar malware akan menyebar secara otomatis ke komputer kita.

Untuk mengecek apakah link tersebut berbahaya atau tidak bisa dilakukan dengan menggunakan Google Safe Browsing Check.

Kalian tinggal memasukkan url website yang sekiranya mencurigakan lalu lakukan check. Jangan lupa juga untuk mebambahkan antivirus sehingga saat ada malware, antivirus akan bekerja secara langsung.

3.Jangan Buka Email Sembarangan

Jangan Buka Email Sembarangan

Memiliki email sekarang ini menjadi hal yang wajib, terlebih ada banyak aktivitas yang dilakukan melalui layanan email.

Kalian perlu sadar dalam pembuatan email kalian memasukkan data-data penting mulai dari nama, alamat, tempat tangggal lahir, password, no telepon, dll.

Untuk itu kalian perlu selalu waspada dan jangan sampai email jatuh kepada tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Ini bisa berbahaya karena semua akun penting biasanya terhubung langsung dengan email. Ada beberapa email modus yang dilakukan oleh para hacker seperti email mendapat hadiah, email tagihan, email kabar terkena virus, email mengaku teman palsu, email konfirmasi keamanan, dll.

Kalian perlu memastikan apakah pengirimannya benar atau tidak terlebih dulu sebelum membukanya.

4.Jangan Berikan Informasi Pribadi

Jangan Berikan Informasi Pribadi

Jangan berikan informasi pribadi kalian secara detail, apalagi kepada website yang kurang kredibel. Data pribadi tersebut bisa saja diambil oleh para hacker kemudian mengaku sebagai diri kalian sehingga melakukan penipuan kepada teman dan saudara.

Selain itu, data-data pribadi menjadi salah satu asset yang laku diperjual belikan pada internet. Cobalah untuk melakukan pembatasan informasi pribadi agar terhindar dari cyber crime.

5.Gunakan Antivirus

Gunakan Antivirus

Antivirus berguna untuk menjaga hampir setiap keamanan sistem IT. Dengan adanya antivirus kalian akan terhindari dari program jahat yang berusaha merusak / mencuri informasi pribadi.

Ada beberapa antivirus yang gratis dan bisa kalian gunakan di komputer kalian. Atau jika ingin yang lebih maksimal kalian bisa membelinya.

Itulah 5 tips menjaga sistem komputer kalian tetap aman. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *