Mau Kuliah Jurusan Sistem Informasi? Yuk Tentukan Dulu Kampus Terbaik Untukmu!
Mau Kuliah Jurusan Sistem Informasi? Yuk Tentukan Dulu Kampus Terbaik Untukmu!

Saat ini jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer sudah menjadi salah satu jurusan terfavorit di berbagai Universitas.

Tingkat persaingan jurusan ini juga sangat tinggi, tak kalah dari jurusan kedokteran. Namun, tak banyak calon mahasiswa yang mungkin masih bingung dalam memilih serta menentukan universitas apa yang sebaiknya dipilih.

Nah, supaya kalian tidak bingung, di bawah ini kami akan memberikan cara menentukan Universitas terbaik untuk kalian.

Cara Menentukan Kampus Terbaik di Bidang Sistem Informasi

Mau Kuliah Jurusan Sistem Informasi? Yuk Tentukan Dulu Kampus Terbaik Untukmu!

Ada banyak sekali faktor yang bisa digunakan untuk menentukan universitas yang bagus, mulai dari fasilitas, kelengkapan lab, klaim universitas tersebut dalam media massa, dan jumlah dosen.

Kalian bisa menggunakan data akreditasi dari pemerintah yang penilaiannya diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Secara sederhana, akreditasi ini bisa dibilang sebagai tingkat kualitas dari sebuah jurusan. Setiap jurusan di Universitas serta Perguruan Tinggi se Indonesia wajib memiliki nilai akreditasi.

Hal ini dilakukan agar pemerintah bisa melihat universitas mana yang masih kurang bagus dan bagaimana cara meningkatkan kualitasnya.

Tapi, apa saja sih faktor yang dinilai dari Akreditasi BAN-PT?

  • Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian

Setiap universitas pasti memiliki visi dan misi masing-masing. Disini bisa dilihat apakah universitas tersebut memang benar ingin menjadi yang terbaik, dan bagaimana cara mencapainya.

  • Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu

Hal ini lebih kepada sistem administrasi dari jurusan tersebut, apakah sudah rapi, disiplin, dan sebagainya.

  • Mahasiswa dan Lulusan

Ada berapa banyak jumlah mahasiswa dan berapa banyak dari lulusan tersebut yang telah bekerja atau membuka usahanya sendiri. Semakin banyak yang diterima bekerja tentu akan semakin baik.

Perusahaan tempat lulusan tersebut bekerja juga menjadi poin tambahan, misalnya diterima di perusahaan asing, BUMN, aau swasta nasional. Apakah diterima sebagai karyawa biasa atau karyawan pimpinan.

  • Sumber Daya Manusia

SDM disini termasuk berapa jumlah dosen serta pendidikan dosen. Semakin banyak dan semakin tinggi pendidikannya, tentu akan semakin baik.

  • Pembiayaan, Sarana Prasarana, dan Sistem Informasi

Hal ini berkaitan dengan fasilitas yang tersedia, misalnya ruang kelas yang memadai, labor komputer yang cukup, dan lain-lain.

  • Kurikulum, Suasana Akademik, dan Pembelajaran

Termasuk pemilihan mata kuliah maupun kegiatan ekstra mahasiswa, serta prestasi jurusan tersebut.

  • Penelitian dan Pelayanan / Pengabdian Kepada masyarakat, dan Kerja Sama

Hal ini berkaitan dengan aktifnya jurusan tersebut dalam mengadakan seminar, penelitian, serta seberapa banyak pihak kampus mengadakan sosialisasi ke masyarakat sekitar, atau bekerja sama dengan perusahaan.

Dari berbagao faktor yang diuji, cukup beralasan mengapa akreditasi BAN-PT dijadikan sebagai patkan bagus tidaknya sebuah jurusan.

Nilai akreditasi tersebut juga bisa kalian cek sendiri di situs resmi BAN-PT. Di sana kalian bisa melihat nilai akreditasi dari setiap jurusan di seluruh universitas dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Nilai akreditasi BAN-PT berupa huruf, yaitu A, B, dan C. akreditas A merupakan nilai tertinggi. Itulah tips untuk melihat apakah universitas yang kalian tuju memiliki pembelajaran yang baik mengenai Sistem Informasi atau tidak.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang sedang mencari-cari universitas yang pas dengan jurusan yang kalian inginkan.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor lainnya sebelum menentukan uiversitas ya!

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *