CPU, Salah Satu Elemen Penting Dalam Komputer
CPU, Salah Satu Elemen Penting Dalam Komputer

Komputer melakukan pekerjaan utamanya pada bagian mesin yang tak bisa kita lihat. Pusat kendali inilah yang mengubah input data menjadi outpu informasi.

Pusat kendali ini disebut dengan central processing unit (CPU) yang merupakan rangkaian sirkuit elektronik yang sangat kompleks dan luas yang menjalankan instruksi program yang tersimpan.

Semua komputerm besar ataupun kecil harus memiliki unit pemrosesan pusat.

Yuk Ketahui CPU Lebih Dalam

CPU, Salah Satu Elemen Penting Dalam Komputer

Tujuan tiap komputer adalah melakukan beberapa bentuk pemrosesan data. CPU mendukung pemrosesan data dengan melakukan fungsi mengambil, mengkode, dan mengeksekusi pada instruksi yang diprogram,

Secara bersamaan, fungsi ini seringkali disebut sebagai siklus instruksi. Selain siklus instruksi, CPU melakukan fungsi mengambil dan menulis data.

Saat suatu program berhalan pada komputer, instruksi akan disimpan dalam memori komputer sampai mereka dieksekusi.

CPU menggunakan penghitung program untuk mengambil instruksi selanjutnya dari memori, di mana ia disimpan dalam format yang dikenal sebagai kode assembly.

CPU juga menkode instruksi menjadi kode biner yang bisa dieksekusi. Setelah selesai, CPU akan melakukan apa yang diperintahkan instruksi, baik melakukan operasi, mengambil, atau menyimpan data maupun menyesuaikan penghitung program untuk melompat ke instruksi selanjutnya.

Jenis operasi yang biasanya dilakukan oleh CPU adalah fungsi matematika sederhana seperti penjumlahan, perkalian, pembagian, dan pengurangan. CPU juga bisa melakukan perbandingan antara objek data untuk menentukan apakah mereka sama.

Semua hal luar biasa yang bisa dilakukan komputer dilakukan dengan ini dan beberapa operasi dasar lainnya. Setelah instruksi dieksekusi, instruksi selanjutnya diambil dan siklus berlanjut.

Fungsi Data CPU

Fungsi Data CPU

Saat melakukan fungsi eksekusi dari siklus instruksi, CPU mungkin diminta untuk menjalankan isntruksi yang membutuhkan data. Misalnya, menjalankan fungsi aritmatika membutuhkan angka yang akan digunakan untuk perhitungan.

Untuk mengirimkan data yang diperlukan, ada instruksi untuk mengambul data dari memori dan menulis data yang telah diproses kembali ke memori.

Instruksi yang digunakan oleh CPU dan data yang dioperasikannya disimpan di area memori yang sama. Alamat unik digunakan oleh CPU untuk melacak lokasi memori yang berbeda. 

CPU juga memiliki sejumlah komponen, yaitu unit logika aritmatika (ALU), yang melakukan operasi aritmatika dan logis sederhana.

Kedua adalah unit control (CU) yang mengelola berbagai komponen komputer. Unit logika aritmatika akan membaca dan menafsirkan instruksi dari memori dan mengubahnya menjadi serangkaian sinyal untuk mengaktifkan bagian lain dari komputer.

Unit control akan memanggil unik logika aritmatika untuk melakukan perhitungan yang diperlukan. Lalu yang ketiga adalah cache yang berfungsi sebagai memori berkecepatan tinggi tempat instruksi dapat disalin dan diambil.

CPU awal terdiri dari banyak komponen yang terpisah, namun sejak 1970 an, mereka telah dibangun sebagai satu unit terintegrasi yang disebut mikroprosesor.

Dengan begitu, CPU merupakan jenis mikroprosesor terntentu. Komponen individual dari CPU telah menjadi sangat terintegrasi sehingga kalian bahkan tak bisa mengenalinya dari luar.

CPU ini juga berukuran dua inci kali dua indi dan terletak di motherboard. Motherboard memiliki soket untuk jenis prosessor tertentu.

CPU juga bisa menjadi sangat panas sehingga membutuhkan sistem pendinginnya sendiri dalam bentuk pendingin atau kipas.

Itulah berbagai informasi mengenai CPU yang harus kalian ketahui, terutama jika kalian merupakan mahasiswa sistem komputer atau sistem informasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan ilmu.

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *